Minggu, 24 April 2016

PANDUAN PENGATURAN RUANG KELAS

panduan untuk memutuskan mengenai pengaturan ruang menurut (Evertson, Emmer, 2011)

1. Jadikan wilayah berlalu lintas tinggi bebas dari kemacetan.

Wilayah-wilayah di mana banyak siswa berkumpul dan wilayah yang selalu digunakan dapat menjadi tempat bagi distraksi dan kekacauan. Wilayah dengan lalu lintas tinggi meliputi wilayah kerja kelompok, penajam pensil, tempat sampah, keran air minum, beberapa rak buku tertentu dan wilayah penyimpanan, stasiun komputer, meja tulis siswa, dan meja tulis guru. Wilayah ini sebaiknya dipisahkan dalam jarak yang luas satu sama lain, memiliki ruang yang luas, dan mudah dicapai. Jika para siswa akan bekerja dengan komputer atau berbagai bagian di ruangan selama satu mata pelajaran, pastikan bahwa mereka bisa berpindah dengan mudah dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Pastikan bahwa para siswa dapat dipantau dengan mudah oleh guru.

Pemantauan terhadap para siswa yang cermat merupakan salah satu tugas pengaturan utama. Keberhasilan anda dalam memantau akan bergantung pada kemampuan anda melihat seluruh siswa sepanjang waktu. Oleh karena itu, pastikan terdapat jarak pandang yang jelas diantara wilayah-wilayah pembelajaran, meja tulis anda, meja tulis siswa, dan seluruh wilayah kerja siswa. Perhatikanlah terutama penempatan lemari buku, lemari arsip, dan barang-barang perabotan dan perlengkapan lainnya yang dapat menghalangi pandangan anda. Berdirilah di berbagai tempat yang berbeda diruangan dan periksalah adanya titik-titik terhalangnya pandangan.

3. Jaga material pengajaran yang sering digunakan dan perlengkan para siswa mudah di akses.

Menjaga material untuk mudah diakses tidak hanya mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkannya dan membersihkannya, itu juga membantu menghindari pelambatan dan penundaan yang menghambat dalam proses belajar mengajar. Jika anda atau siswa harus berhenti untuk menempatkan material dan perlengkapan yang dibutuhkan, anda beresiko kehilangan perhatian dan keterlibatan siswa serta waktu pembelajaran dan proses belajar mengajar

4. Pastikan bahwa para siswa dapat dengan mudah melihat presentasi dan tampilan seisi kelas.

Ketika merencanakan posisi anda dan para siswa dalam presentasi dan diskusi yang melibatkan seluruh kelas, pastikan bahwa pengaturan tempat duduk akan memungkinkan para siswa melihat layar OHP atau papan tulis tanpa harus memindahkan kursi mereka, memutar meja tulis mereka, atau memiringkan lehar mereka. Selain itu, jangan rencanakan menyelenggarakan kegiatan kelas di sebuah sudut ruang yang jauh dari sejumlah besar siswa. Kondisi-kondisi semacam itu tidak membuat para siswa memperhatikan, dan mereka lebih menyulitkan anda untuk melibatkan seluruh siswa. Periksalah seberapa baik para siswa anda dapat melihat dengan duduk sebentar di meja tulis di berbagai tempat yang berbeda di ruang.